AXION 2019, Ekspresikan Bakatmu!

 

SURAKARTA – OSIS MTsN Surakarta 1 menggelar pentas seni yang bertajuk “AXION 2019, Ekspresikan Bakatmu” Sabtu, 5 Januari 2019. Halaman gedung 1 MTsN Surakarta 1 berubah menjadi pagelaran seni yang sangat meriah. Kegiatan ini merupakan program tahunan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya kelas9. Tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni dan merealisasikan pembelajaran K-13 berbasis proyek.

“Kerja keras yang luar biasa.Sayamenyaksikan sendiri, selama liburan dua pekan kalian terusberlatih karena ingin mempersembahkan yang terbaik untuk madrasah. Semoga penampilan kalian nanti juga luar biasa. Semangat anak-anakku, terima kasih sudah berusaha memberikan yang terbaik,” tutur Kirno Suwanto, Kepala MTsN Surakarta 1 dalam sambutannya.

Pasukan Pengibar Bendera MTsN Surakarta 1 (Paskidraska) membuka Axion ini dengan persembahan yang memukau semua penonton. Paskidraska angkatan 3 dan 4 ini akan mengikuti lomba Samara Mandala Dhika XII di GOR Gelarsena, Klaten, keesokan hari. Usaipenampilan Paskidraska, dilanjutkan pentas seni yang pertama oleh kelas 9Bdiikuti dengan kelas 9 yang lain. Hampir semua kelas mengusung tema kebudayaan dan keberagaman. Kreativitas anak-anak sungguh luar biasa. Mereka mampu mengolaborasikan tema budaya dengannuansa kekinian. Perpaduan antara musik tradisional dengan musik modernmenambah meriahnya suasana. Oleh karena, itu tidak salah kalau pentas seni ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap tanah air terutama seni budaya.

Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa) juga tidak mau ketinggalanikut ambil bagian pada pentas seni kali ini. Mereka juga mempersembahkan penampilan yang memukau. Perpaduan antara semafor dan koreografi yang diiringi lagu-lagu zaman now mampu menimbulkan decak kagum para penonton. Seperti kita ketahui bersama, Pramatsa seringkali menjuarai berbagai lomba, baik tingkat provinsi maupun nasional.

Selain pentas seni, juga digelar pameran seni karya siswa kelas 9. Hasil karya seni mereka yang berupa lukisan dan prakaryadipamerkan di ruang-ruang kelas 9.  Seluruh siswa MTsN Surakarta 1 bisa menyaksikan pentas dan pameran seni persembahan kelas 9ini. Bukan hanya siswa,para alumni juga bisa turut menyaksikan pagelaran seni tersebut dengan memberikan kontribusi sebesar 7 ribu rupiah.

Pagelaran seni ini memerlukan kekompakan dan kerjasama yang luar biasa. Semua siswa kelas 9 terlibat dalam perhelatan ini. Mereka harus bisa menyatukan persepsi dan ide-ide mereka. Merekajuga harus bisa menghargai perbedaan satu sama lain. Harus bisa mengolaborasikan satu ide dengan ide yang lain hingga menghasilkan suatu karya.

“Penampilan kelas 9PK4 bagus banget. Koreografitariannya bagus, kostumnya menarik, ekpresi seluruhpemesannya bagus. Dancernya luar biasa. Luwes banget,” ungkap Syifa’q kelas 8 FD2. “Pameran seni 9PK2 secarakeseluruhan yang paling memikat memikatmenurut saya. Lukisannya bagus-bagus, gradasinya juga sudah lumayan, tetapi pantulan gambarnya kurang menarik. Galaksi yang abstrak membuat gambaran semakin bagus dan terlihat nyata,” tambahnya.

Kegiatan tahunan ini dari tahun ke tahun semakin meningkat hasilnya, baik pentas seni maupun pameran seninya. Karya-karya siswa MTsN Surakarta 1 semakin kreatif dan variatif. Bahkan, tahun ini pentas seni ini mampu mengundang antusiasme dari kalangan alumni. Mereka berbondong-bondong membanjiri madrasah karena ingin sekali melihat karya-karya adik kelasnya. Semoga dengan kegiatan ini MTsN Surakarta 1 semakin berjaya. Tidak hanya berjaya dalam bidang akademik saja tetapi juga di bidang seni. Tidak kalah penting,seluruh siswa berkesempatan mengembangkan potensi diri dan kreativitasnya sebagai bekal keterampilan hidup. (Diana/Kristanti)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *