Dilema Guru, Antara Mengajar dan Latihan Senam

Surakarta- Dilema, itulah yang tengah dirasakan tim senam MTsN Surakarta 1. Di satu sisi, mereka dituntut profesional melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai guru, mengajar. Di sisi lain, mereka harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga tampil maksimal dalam lomba senam PGRI. Banyak kendala yang harus tim senam hadapi. Senam yang baru dikenal, gerakan senam yang variatif, jadwal mengajar yang berbeda antaranggota tim, serta waktu latihan yang hanya dua pekan.

Ayo kita semua sehatkan anak bangsa

Ayo kita semua cerdaskan anak bangsa

Membina para generasi muda

Mendidik dengan akhlak yang mulia

(Syair lagu senam PGRI)

Empat hari terakhir (6-9/11/18) lagu tersebut sering terdengar dari aula gedung 2 MTsN Surakarta I. Delapan orang ibu guru terlihat sedang latihan senam dengan diiringi lagu tersebut. “Kami sedang latihan senam PGRI untuk lomba dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-73 dan HGN tahun 2018,” tutur Wahyu Nugraha Takarini, salah satu peserta latihan. “Lomba senam PGRI akan diadakan Kamis, 15 November 2018 di aula SMK Negeri 7 Surakarta.

“Kami baru mengenal senam PGRI, ya sekarang ini. Sebelumnya belum pernah. Tapi insyaa Allah kami akan berusaha…,” tekad Rasdiyana, peserta latihan. “Perlu kerja keras dan kekompakan supaya berhasil,” tambahnya.

Saat latihan, banyak kendala yang dirasakan oleh tim senam. Salah satunya masalah waktu latihan. “Jam mengajar kami beda-beda, kalau saya mengajar, guru yang lain kosong,” jelas Mastutik, salah satu anggota tim senam. “Tapi kami berusaha untuk tidak meninggalkan jam mengajar, sebisanya kami atur…kalau jam 1-2 banyak yang tidak mengajar kami latihan,” tambahnya. “Bahkan beberapa dari kami mengajak siswa untuk belajar di aula bagian luar, sehingga kbm anak-anak tetap dalam pengawasan, saat kami latihan,” lanjut Nur Asih, salah satu tim senam.

“Kami harap Ibu-ibu berlatih sungguh-sungguh, semangat, dan berusaha untuk menghafal semua gerakan, tapi juga harus memperhatikan jam mengajar. Jangan sampai meninggalkan jam mengajar. Ingat, kurang dari tiga minggu lagi akan dilaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS), “ pesan Kirno Suwanto, Kepala MTsN Surkarta 1.

Dalam peringatan HUT PGRI ke-73 dan HGN tahun 2018 Pengurus PGRI Kota Surakarta mengadakan lomba artikel PTK bagi guru, senam PGRI, dan paduan suara. MTsN Surakarta 1 hanya mengikuti lomba senam PGRI. Surat edaran tentang ketentuan lomba dari Pengurus PGRI Kota Surakarta diterima MTsN Surakarta 1 pada 25 Oktober 2018 kemudian diteruskan kepada Waka Humas, Kurikulum, dan koordinator lomba.(Diana/Kristanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *