Surakarta – Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 1 Surakarta menggelar pemilihan umum (pemilu) raya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berbasis online, Selasa, (8/8).

Kepala MTsN 1 Surakarta, Ahmadi, menyambut dengan baik pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS ini dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia, karena pelaksanaan ini sudah berbasis IT.

“Semoga ketua OSIS yang natinya terpilih diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya,” kata Ahmadi

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta (Kankemenag) Surakarta, Nanik Suryanti, sangat mendukung kegiatan Pemilihan Ketua Osis di MTsN Surakarta karena baru kali ini kegiatan Pemilihan Ketua Osis berbasis IT.

“Semoga dapat diterapkan pada seluruh Madrasah di Kota Surakarta,” ungkap Nanik.

Menurutnya, momentum ini cukup menarik bahkan bisa dibilang unik, mungkin baru pertama kali dilaksanakan di lembaga pendidikan menggunakan  aplikasi di komputer melalui teknologi jaringan atau internet.

TIM Kurikulum MTsN 1 Surakarta, Heri,  mengatakan kegiatan pemilihan Ketua OSIS kali ini dicoba menggunakan IT dengan penerapan aplikasi yang bisa diakses lewat internet. Menurutnya, dengan menggunakan aplikasi, baik tata cara pemilihan dan penghitungan akhir atau hasil pemilihan mudah untuk diketahui.

“Ini bisa membuat efisiensi waktu perhitungan suara,” ujarnya.

Adapun tata cara pemilihan Ketua OSIS, siswa masuk ruangan kemudian secara urut mengoperasikan komputer dengan memasukkan pasword nomor induk masing-masing anak dan memilih pasangan calon ketua dan wakil yang dipilihnya.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman hasil peroleha suara dari masing-masing calon Ketua OSIS dengan hasil untuk pasangan nomor 1. M. Arsy Gagah P. dan Fashiha Annafi R dengan 48.05% suara, pasangan nomor 2. Febriyani Cahyani P. dan Andhika Rizky P. dengan 4.81% suara dan pasangan nomor 3. M. Rusydi Al Hakim dan Eliana Maharani dengan 44.48% suara adapun suara yang abstain (tidak memilih) sebanyak  2.66%. (rma/hws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *