Surakarta – Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 1 Surakarta menggelar lomba bulan Bahasa, Kamis, (26/10).

Tahukah kita  bahwa setiap bulan Oktober, Bangsa  Indonesia merayakannya sebagai bulan bahasa Indonesia? Mengapa bulan Oktober, bukan bulan lainnya? Bagaimana cara memperingati bulan bahasa dan sastra Indonesia dengan semestinya?

Alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. Berikut isi ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada tahun 1928, 89 tahun yang lalu. Demikian sambutan  Kepala MTs N Ska 1, Drs. Ahmadi pada acara pembukaan Lomba Bulan Bahasa.

Kepala MTsN 1 Surakarta, Ahmadi, menyambut dengan baik pelaksanaan lomba bulan Bahasa ini dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia, karena pelaksanaan lomba bulan Bahasa dapat berjalan sesuai rencana dan bagi siswa yang mengikuti kegiatan ini tolong diikuti dengan sungguh-sungguh semoga bermanfaat bagi kalian semua.

“Pada lomba peringatan bulan bahasa ini lebih dititikberatkan pada bagaimana siswa bisa membangun kerja sama bersama dengan teman se-kelas atau kelompok di luar kelas. Ini merupakan pendidikan karakter kerja sama, mengasah kreatifitas serta selalu bersikap inovatif. Semangat untuk meraih juara inilah yang kita kembangkan dan tanamkan pada setiap siswa madrasah,” ujar ketua panitia  Muhammad Rais Hidayat.

Menurutnya, momentum ini cukup menarik bahkan bisa dibilang unik, mungkin baru kedua kali dilaksanakan di MTs Negeri Surakarta 1.

Ada 14 jenis perlombaan yang diselenggarakan pada Bulan Bahasa ini antara lain; lomba pidato Bahasa Indonesia, lomba pidato Bahasa Inggris, lomba pidato Bahasa Arab, lomba pidato Bahasa Jawa, lomba Geguritan, lomba Membaca Puisi, lomba Story Telling, lomba Newscaster, lomba Poster, lomba Mading, lomba Cerpen, lomba Kaligrafi, lomba Qiro’ah, dan lomba Rangking 1.

Lomba dilaksanakan pada hari kamis, 26 Oktober 2017 dari jam 07.30 sampai jam 12, dilaksakan dikalaman madrasah dan di dalam ruang kelas.Hasil dari masing-masing perlombaan, akan disampaikan besok sabtu, 28 Oktober 2107. Bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *