Pengajian Maulid Nabi, Rasulullah Idolaku

Surakarta-Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, MTsN Surakarta 1 menggelar pengajian pada Sabtu (17/11/18). Pada kesempatan tersebut Ustaz Hanifulloh Syukri, yangjuga berprofesi sebagai dosen UNS, hadir sebagai pengisi tausiah. Tausiah dimulai pukul 10.15 dan diakhiri dengan sholat Dhuhur berjamaah. Sebelum pengajian, kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung sampai dengan jam ke-4. “Anak-anak putri diharapkan membawa mukena sekalian karena setelah pengajian akan dilanjutkan dengan sholat Dhuhur berjamaah,“jelas Budi Santosa, Waka Humas MTsN Surakarta 1. “Apalagi untuk anak-anak yang berada di gedung 2, jika mereka kembali sebelum sholat Dhuhur, dikhawatirkan suasana menjadi tidak kondunsif. Hal itu dikarenakan pada saat yang bersamaan di gedung 2 sedang ada acara penerimaan kunjungan dari MIN 2 Sukoharjo,“ jelasnya.

Seluruh siswa MTsN Surakarta 1 mengikuti pengajian dengan khidmat. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa tentang Maulid nabi dan mengenal sejarah Islam. Sambutan pertama acara pengajian ini disampaikan oleh Ketua OSIS MTsN Surakarta 1, Nabiel Maulana Musa kemudian dilanjutkan oleh Kepala MTsN Surakarta 1. “Mari kita simak pengajian ini dengan baik. Pengajian ini penting untuk kita semua. Kita perlu tahu tentang  Maulid Nabi yang penuh dengan keberkahan,“ajak Kirno Suwanto, Kepala MTsN Surakarta 1, dalam sambutannya.

“Sepuluh tokoh penting dan berpengaruh dalam sejarah dunia yaitu Nabi Muhammad pada urutan pertama. Menempati urutan kedua dan seterusnya adalah Isaac Newton, Yesus Kristus atau Nabi Isa, Sidharta Gautama, Khong Hu Cu, Santo Paulus, Tsailun (penemu kertas di Cina), Johan Guttenberg (penemu mesin ketik), Christopher Columbus (penemu benua Amerika), dan urutan terakhir adalah Albert Einstein. Mengapa Nabi Muhammad menempati urutan pertama? Karena beliau figur atau suri tauladan yang sempurna. Dilihat dari segala sisi, beliau tidak ada celanya. Dari segi akhlak, akhlak beliau sangat terjaga. Dari sisi spiritual, beliau sangat taat pada perintah Allah. Dari sisikenegarawanan, beliau merupakan pemimpin yang adil dan berhasil mengembangkan negara Islam. Beliau adalah tokoh yang mampu mengubah peradaban manusia. Mengeluarkanmanusia dari zaman jahiliyah menuju ke zaman yang beradab,” jelas ustaz Hanifulloh Syukri.

“Melalui tausiyah beliau, kami berharap siswa MTsN Surakarta 1 dapat meneladani Rasullullah,” harap Budi Santoso, Waka Humas MTsN Surakarta 1. “Rasullullah adalah idola dari semua idola, idola yang tidak akan tergantikan, dan idola sepanjang zaman,” tutur Isykarima, siswi kelas 8Pk2.

Selain memberikan tausiyah, ustaz Hanifulloh Syukri juga berpesan kepada seluruh siswa MTsN Surakarta 1 untuk menjaga pergaulan. “Jangan pacaran, karena pacaran itu mendekatkan pada perbuatan zina, sebagaimana peringatan dalam Surah Al Isra ayat 32 yang artinya ‘Janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu perbuatan yang keji’…,”jelas Beliau. “Terima kasih Ustaz semoga semua siswa MTsN Surakarta 1 dapat menjaga pergaulan dan dijauhkan dari akhlak dan perbuatan tercela, serta mampu meneladani Rasulullah,” harap Siti Syarifah, guru Akidah Akhlak.(Diana/Kristanti)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *