Pesta Demokrasi di MTsN Surakarta 1

Surakarta – MTsN Surakarta 1 mengadakan kegiatan Pemilu Raya Ketua OSIS periode 2018/2019 berbasis E-Pilketos di ruang  CBT (Computer Based Test),  Selasa (7/8). Kegiatan yang diikuti oleh  siswa MTsN Surakarta 1 berlangsung meriah meskipun halaman MTsN 1 tidak sebesar yang dulu karena ada pembangunan ruang kelas baru namun tidak menghalangi jalannya Pilketos. Kegiatan ini sekaligus  belajar berdemokrasi dan menerapkan pembelajaran PPKn.  Kirno Suwanto, selaku kepala madrasah  dalam sambutannya  berharap  setelah adanya kegiatan ini akan terwujud OSIS yang tangguh, handal, dan menuju madrasah yang hebat dan bermartabat.

Calon Ketua OSIS tahun ini memiliki tekad yang kuat dan antusias yang besar. Salah satu dari calon Ketua OSIS, Nabiel dari kelas 8PK1 berjanji “OSIS akan menjadi organisasi yang lebih berkualitas dan akan menjalin hubungan baik antarorganisasi yang ada di madrasah.”.Visi dan misi tersebut banyak menarik perhatian para calon pemilih.

Pemilu Raya tahun ini menghadirkan 3  calon ketua dan wakil ketua OSIS.  Pasangan  kandidat nomor satu yaitu Muhammad  Akmal Abimanyu dan Meilina Indah Dwi Hapsari, pasangan kandidat nomor dua yaitu Ahsan Tsaqif Aufa dan Afinasari, serta pasangan kandidat yang terakhir yaitu  nomor tiga Nabiel Maulana dan Najma Safira Rahadina.”Semua siswa harus menggunakan hak pilihnya, jangan sampai ada yang golput atau tidak memilih”, anjur Edi Hartanto sebagai Pembina OSIS

Penggunaan E-Pilketos memudahkan siswa untuk memilih kandidat calon ketua OSIS yang dipilih. “Nanti dapat kertas yang tulisannya username dan password. Terus tinggal log in aja di webnya. Setelah itu udah ada gambar 3 kandidat, tinggal vote aja siapa yang mau dipilih. Kalau udah nanti kembali lagi ke web semula.” tutur Fashiha, wakil ketua OSIS 2017/2018. “Ternyata caranya mudah dan simple dengan menggunakan CBT ,” ujar Sulaiman siswa kelas 7FD1.

“Ini sekaligus pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum, yang biasa diselenggarakan di suatu daerah dalam memilih pemimpin. Kami berharap agar siswa siap berdemokrasi yang sesungguhnya,” harap Mihati Latifah, Guru PPKn MTsN Surakarta 1.

E-Pilketos tahun ini diselingi dengan Pensi dan bazaar oleh siswa MTsN Surakarta 1. Saat pensi berlangsung beberapa siswa dan guru menunjukkan bakatnya. Dalam kesempatan ini Bapak Kepala Madrasah juga ikut berpartisipasi dengan menyanyikan lagu ‘Gebyar-Gebyar’ ciptaan Gombloh. “Saya berharap dengan lagu ini dapat menumbuhkan sikap patriotisme kalian”, ucap Kirno Suwanto. Panitia E-Pilketos menyediakan sepuluh stand yang menjual berbagai jajanan kreasi siswa. “Hari ini kita tidak hanya belajar berdemokrasi saja, tapi juga belajar menanamkan jiwa wirausaha pada anak-anak”, ungkap Budi Santosa, selaku guru IPS.

Nabiel dan Najma terpilih sebagai ketua OSIS MTsN Surakarta 1 periode 2018-2019. Mereka berhasil mendapatkan suara sebanyak 574 suara atau 60,10 %. Pasangan ini berhasil menyingkirkan kedua lawannya Atta-Afina mendapatkan  223 suara  atau 23,35 % dan Akmal-Meilina 158 suara atau 16,54%.  “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung  atas kepercayaannya. Kami berjanji akan menjalankan semua visi dan misi kami. Tolong kawal kami dalam melaksanakan program kerja yang kami janjikan”, ucap Nabiel dalam pidato kemenangannya.

“Kami menaruh harapan yang besar pada Ketua OSIS terpilih. Semoga dengan visi dan misi ini, mereka dapat membawa organisasi ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi”, kata Hasna siswi kelas 9A.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *