Kemah Bakti Tumbuhkan Karakter Mandiri dan Sosial

Surakarta-MTsN Surakarta 1 menggelar kegiatan Kemah Bakti pada Jumat-Minggu (17-21/4/19) di Lapangan Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Karanganyar. Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa kelas 7 sejumlah 310 siswa didampingi Bapak/Ibu Wali Kelas dan panitia. Kegiatan ini bertujuan melatih kemandirian siswa dan sarana pengaplikasian materi yang telah diberikan saat latihan di madrasah.

Peserta Kemah Bakti diberangkatkan dari Gedung 1 MTsN Surakarta 1 pukul 07.00. Madrasah menyiapkan 7 armada bus untuk membawa peserta menuju perkemahan. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 2 jam.

Serangkaian acara kemah bakti tahun ini diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Upacara pembukaan tersebut dihadiri guru dan karyawan MTsN Surakarta 1. Kegiatan Kemah Bakti tahun ini secara resmi dibuka oleh Drs. Kirno Suwanto, M. Pd.selaku Kepala Madrasah sekaligus pembina upacara Kemah Bakti.

“Saya berharap, semoga dengan kemah bakti ini, kalian dapat mengaplikasikan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya Dasa Darma yang ke 2,5, dan 10.Dasa Darma yang ke-2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.Karena dalam kemah ini kalian belajar hidup di alam bebas, kalian harus menjaga dan menyayangi alam sekitar kalian. Dasa Darma yang ke-5 yaitu rela menolong dan tabah, kalian harus saling menolong dengan anggota yang lain, seberapapun beratnya kalau dikerjakan bersama-sama akan terasa ringan. Sedangkan Dasa Darma yang ke-10 yaitu, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan maksudnya, suci itu bersih, bersih dari pikiran, perkataan dan perbuatan kotor,“ papar Kirno Suwanto dalam sambutannya.

Umi Nurjanah selaku sekretaris Kemah Bakti menyampaikan kendala yang dihadapi panitia dalam persiapan dan pelaksanaan Kemah Bakti tahun ini. “Panitia sudah melakukan berbagai persiapan, dari pemilihan lokasi, mengurus perizinan serta menyiapkan konsep-konsep kegiatan. Kendala yang kami hadapi salah satunya, rapat panitia. Karena kegiatan ini bersamaan dengan beberapa kegiatan sekolah yang lain, seperti USBN dan pesiapan UNBK kelas 9. Beberapa dari panitia juga menjadi panitia dalam kegiatan tersebut, “ tuturnya.

Setelah upacara pembukaan selesai, para peserta mendirikan tenda bersama regu masing-masing dan dibantu oleh wali regunya. Setelah semua tenda terpasang, peserta putra melaksanakan sholat Jumat. “Setelah sholat Jumat dan makan siang, kami akan bersiap-siap mengikuti lomba. Persiapan sebelum lomba ya latihan, ngafalin catatan, latihan pensi dan jaga kondisi. Biar nanti nggak lemes,“ujar Zafira, Kelas 7C dari Regu Flamboyan. “ Lomba melukis, hasta karya, news presenter, dan LCTP dilaksanakan di SD 01 Berjo, sedangkan Tekpram dilaksanakan di sekitar perkemahan. Kekompakan, kerapian, kedisiplinan menjadi kriteriapenilaian. Regu kami punya target memenangkan semua lomba,“ tambahnya.

Selain lomba, Kemah Bakti ini juga menggelar Bakti Sosial (baksos) berupa pembagian sembako untuk masyarakat sekitar. Pembagian sembako ini bertujuan menumbuhkan kepedulian peserta kemah pada warga sekitar. “Setelah baksos selesai, kalian harus membersihkan area perkemahan ini. Sampah-sampah silahkan dikumpulkan di tempat yang telah disediakan,“ ujar Edi Hartanto, Waka Kesiswaan. “Kemah Bakti tahun ini luar biasa. Kedisiplinan, kerja sama, dan kekompakan kalian patut diacungi jempol. Saya bangga dengan kalian,“ tambahnya.

Kemah Bakti tahun ini diakhiri dengan upacara penutupan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan peserta terfavorit baik putra maupun putri. Segenap panitia berharap Kemah Bakti ini dapat memberikan pelajaran dan pengalaman yang luar biasa bagi seluruh peserta.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *