KHATAM 33 KALI, CIPTAKAN GENERASI AL QURAN

 

SURAKARTA-MTsN Surakarta 1 mengadakan khatmil quran dalam rangka memeringati Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia ke-74. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa madrasah pada Jumat (20/12/19), di ruang kelas masing-masing. Khatmil quran ini dilaksanakan agar siswa madrasah semakin cinta Alquran karena Alquran pembawa barokah dan rahmat dari Allah SWT.

Kegiatan ini dimulai dengan dikumpulkannya seluruh ketua dan wakil ketua kelas ke aula madrasah. Ketua dan wakil ketua kelas diminta mengatur anggota kelas untuk membaca Alquran satu juz per anak. Pembagian tersebut berdasarkan presensi siswa.  Wali kelas mendampingi para siswa dalam kegiatan ini, bahkan wali kelas pun ikut dalam kegiatan ini. Khatmil Quran ini berlangsung dengan khidmat di setiap kelas. Di beberapa kelas khatmil quran ini diakhiri dengan pengumuman-pengumuman dan pembagian undangan pengambilan rapor. Selain itu, ada beberapa kelas menutup Khatmil Quran dengan makan bersama.

“Kegiatan ini dapat menentramkan hati, mengurangi dosa, dan dapat mendapat pahala.”ujar Husna Maulida, siswi kelas 9PK3. Husna juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan positif. Kegiatan ini mengajarkan siswa agar lebih mendalami dalam memelajari Alquran dan kebersamaan serta kepedulian antar siswa.

Budi Santoso, selaku Waka Humas mengungkapkan bahwa kegiatan serentak ini bermanfaat sebagai penenang dan petunjuk bagi siswa agar meningkatkan kecerdasan, hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas madrasah dan agar keluarga kemenag diberi kesehatan lahir dan batin. Selain itu, MTsN Surakarta 1 juga telah mengkhatamkan sebanyak 33 kali.

“Terharu, amazing event. “ucap Siti Rohimah, selaku wali kelas 9PK3. Rohimah mengungkapkan khatmil Quran ini merupakan olahraga rohani dan apabila kita ridha maka, kita akan mendapat pahala, bahkan dua pahala yaitu pahala membaca dan karena kita ridha. Kegiatan ini sangat berarti dan memiliki makna yang mendalam. Selain untuk memperingati HAB Kemenag, juga berguna sebagai ajang untuk membiasakan seluruh siswa memenuhi hak membaca alquran, yaitu 100 ayat setiap harinya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh lembaga di bawah nama Kemenag. Seluruh madrasah juga telah melaksanakan kegiatan yang serupa. Kegiatan ini juga menjadi ajang dalam mencari pahala. Semoga dengan kegiatan ini madrasah dapat menciptakan generasi Qurani. (Diana/Duwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *