Program Makan Sayur Bersama Asrama Bait Al Hikmah

 

Minggu (12/01/20) Asrama Baitul Hikmah menggelar kegiatan makan sayur bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman MTsN 1 Surakarta. Makan sayur ini merupakan program baru dari usulan koordinator asrama yang diselenggarakan tiap bulan saat santri asrama tidak  perpulangan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi keprihatinan pengurus asrama terhadap santri-santri yang sulit makan sayur. Program tersebut bertujuan mengenalkan  santri-santri tentang manfaat sayur untuk tubuh dan mengajak mereka untuk menyukai sayur.  “Anak-anak sekarang lebih suka makan – makanan yang instan daripada sayur karena menurut mereka sayur itu pahit dan rasanya tidak enak, padahal tubuh juga memerlukan zat – zat yang terdapat pada sayur untuk memenuhi tubuh, “tutur Durrotun Nasikhah, Koordinator Asrama.

“Kegiatan ini patut diapresiasi karena dapat mengajarkan manfaat sayur untuk tubuh dan dapat mengurangi zat-zat pengawet yang ada dalam tubuh. Tubuh juga memerlukan zat-zat yang terdapat pada sayur. Apabila tubuh tidak terpenuhi zatnya maka para santri mudah terserang penyakit. Maka dari itu kami selaku Pembina asrama prihatin terhadap hal ini, dan ingin mengembangkan acara ini,” jelas Jazuli selaku Pembina asrama putra.

Selain makan sayur, para santri juga diajak  minum jamu. Minum jamu ini sangat bermanfaat untuk tubuh karena kandungan yang terdapat pada bahan bahan jamu ini dapat meningkatkan stamina, kekebalan, nafsu makan, dan masih banyak lagi. “Jamu terbuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang dan buah. Bahan-bahan tersebut memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Misalnya beras kencur jamu jenis ini sangat  popular karena dapat berkhasiat menambah nafsu makan anak-anak, “ jelas Joko Susilo, Pengurus Asrama.

“Saya sangat tertarik dengan acara ini, karena dengan makan sayur bersama dapat memotivasi teman-teman  yang tidak suka makan sayur. Apalagi minum jamu bagus untuk kesehatan juga,  kedepannya semoga acara ini rutin dilakukan karena sangat penting untuk kita,” ucap Zuhriyah, santriwati Bait Al Hikmah.

“Kami berharap semoga  santriwan dan santriwati Bait al Hikmah MTsN 1 Surakarta suka makan sayur, karena makan sayur ini penting untuk tubuh. Apabila nutisi dalam tubuh itu terpenuhi maka anak- anak akan sehat dan tidak mudah sakit. Apabila mereka sehat tentu saja mereka akan mengikuti pembelajaran dengan baik. Anak yang sehat dengan pembelajaran yang baik akan memudahkan mereka untuk mengukir prestasi di lingkup MTsN 1 Surakarta, “ujar Kirno selaku epala madrasah.dan pembelajaran akan berjalan dengan lancar,” Ujar Kirno, Kepala Madrasah.(Diana/kristanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *