Rewards Siswa Berprestasi

SURAKARTA – Pemberian rewards kepada siswa berprestasi merupakan komitmen MTsN Surakarta 1. Rewards untuk periode Januari – April diserahkan kepada siswa bersamaan dengan gelar apel pagi pada Selasa, 16 April 2019. Apel yang digelar di halaman gedung 1 MTsN Surakarta 1 tersebut diikuti seluruh siswa serta bapak ibu guru dan pegawai. Sejumlah 32 siswa yang berhasil mempersembahkan 36 trofi dan medali pada periode Januari-April berhak atas rewards yang nominalnya disesuaikan dengan capaian prestasi mereka.

Apel terasa sangat istimewa dengan capaian luar biasa prestasi siswa MTsN Surakarta 1. Tidak hanya prestasi di bidang akademik saja, prestasi nonakademik juga luar biasa. Bahkan capaian prestasi nonakademik mencapai tingkat Asia, yaitu untuk cabang lomba sepatu roda. “Dalam periode Januari-April, 36 trofi dan medali berhasil diraih oleh 32 anak. Jadi ada anak yang dobel prestasinya, maka rewardnya juga dobel,“ jelas Durrotun Nasikhah, Sie Pengembangan Siswa Berprestasi. “Dalam pembimbingan siswa berprestasi ini kami bekerja sama dengan Kesiswaan dan Bapak Ibu guru pembimbing. Tidak hanya materi lomba saja yang kita persiapkan, tetapi juga mental anak sehingga mereka siap mengikuti lomba “ tambah Durrotun.

“Kalo mau jawab soal, kadang suka nggak paham, susah, harus mikir mau diapain. Tapi setelah mengikuti bimbingan yang diberikan di madrasah jadi punya banyak pengalaman soal. Bahkan, kami juga dibimbing oleh pembimbing olimpiade dari luar yang difasilitasi oleh madrasah,“ ungkap Rifaldo, 7PK1, pemenang Olimpiade Matematika Anak Bangsa dan Mathlete tingkat Jateng- Jatim. “Banyak latihan soal, disiplin waktu, terus nggak boleh gampang menyerah. Pokoknya harus belajar dan terus belajar,“ tutur Nur Na’imah, Peraih Medali Perak KSM tingkat Nasional mapel Matematika.

Rewards ini diberikan sebagai bentuk penghargaan madrasah pada anak-anak yang berprestasi. Besaran rewards yang diterima anak-anak berbeda sesuai dengan capaian prestasi mereka. Tentu saja rewards untuk capaian tingkat nasional berbeda dengan tingkat provinsi maupun kota. Selain itu, rewards juga dapat memotivasi anak-anak yang sudah berprestasi semakin meningkatkan prestasi. Bagi yang belum berprestasi akan termotivasi untuk berprestasi karena akan mendapatkan rewards dari madrasah,“ papar Kirno Suwanto, Kepala MTsN Surakarta 1.

Selain penyerahan rewards, dalam Apel juga disampaikan informasi dan motivasi pada siswa. Informasi yang disampaikan berkenaan dengan kegiatan UNBK kelas 9 pada pekan mendatang yaitu pada tanggal 22-25 April 2019. “Karena kelas 9 akan menghadapi UNBK tanggal 22-25 April, maka kelas 7 dan 8 akan belajar di rumah. Siswa kelas 7 dan 8 bukan libur tetapi belajar di rumah. Bapak Ibu guru akan menyiapkan serangkaian tugas yang harus kalian kerjakan selama belajar di rumah. Untuk kelas 9, kalian harus menyiapkan UNBK dengan sebaik-baiknya. Semangat untuk belajar, jangan lupa untuk berdoa agar Allah memberikan hasil yang terbaik. Dengan hasil yang baik, kalian akan mendaptkan sekolah lanjutan sesuai cita-cita kalian,“ pesan Kirno.

Apel ditutup dengan penyerahan trofi dan medali pada Kepala Madrasah sebagai simbol persembahan prestasi kepada madrasah. Kepala Madrasah pun memberikan rewards kepada siswa berprestasi. “Semoga dengan prestasi yang sudah diraih ini akan memotivasi siswa lain untuk berprestasi. Ayo, anak-anak, tunjukkan prestasi kalian, baik akademis maupun non akademis! Bapak ibu guru MTsN Surakarta 1 siap membimbing dan mengantarkan kalian menjadi juara,“ kata Joko Susilo, sie pengembangan prestasi siswa. Tepuk tangan dan sorak kagum anak-anak meningkahi persembahan prestasi tersebut. Semoga MTsN Surakarta 1 tetap berkibar menjadi madrasahnya para juara. (Diana/Kristanti)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *